artikel pilihan

KEUTAMAAN BAHASA ARAB


Bahasa merupakan kemampuan yang dimiliki manusia untuk dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Terdapat ribuan bahasa yang digunakan di seluruh dunia, salah satunya adalah bahasa Arab. Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang paling banyak penyebarannya di dunia. Ia juga digunakan secara resmi di PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) bersanding dengan 5 bahasa lainnya (bahasa Inggris, Tionghoa, Perancis, dan Rusia).

Secara geografis persebaran bahasa Arab meliputi wilayah Syam (sekarang Suria, Yordania, Palestina dan sekitarnya), semenanjung Arabia, dan Afrika Utara. Mayoritas negara-negara di wilayah tersebut dan sekitarnya menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa resminya.

Bahasa Arab adalah satu di antara bahasa yang paling unggul di dunia, ini terbukti dengan sangat banyaknya kosakata yang terdapat di dalamnya. Banyak di antara suatu benda memiliki lebih dari satu nama atau istilah sesuai dengan keadaan dan sifatnya. Di antara buktinya adalah Ia memiliki 12.305.912 kata. Hal ini berbeda dengan bahasa lainnya yang hanya memiliki kosakata yang jauh lebih sedikit semisal bahasa Inggris yang hanya memiliki sekitar 600.000 kata Perancis sekitar 150.000 kata, dan Rusia sekitar 130.000 kata.

Betapa banyak bahasa di dunia yang mempunyai akar kata dan istilah serapan dari bahasa Arab, misalkan dalam bahasa Inggris ada kata sugar, cotton, cat, yang berasal dari سكر, قطن, dan قط. Dalam bahasa Indonesia sendiri sangat banyak kata serapan dari bahasa Arab seperti kursi, ahli, dunia, nama-nama hari, dsb. 

Dahulu orang-orang arab sangat bangga dengan syair-syair, pantun dan pepatah-pepatah mereka, semua tersusun dengan keindahan dan kaidah sastra yang bahasa Arab miliki. Inilah yang membuat bahasa arab begitu indah.

Bahasa Arab juga mempunyai andil yang besar dalam menyebarkan ilmu pengetahuan di mana peradaban islam dahulu menyumbangkan begitu banyak karya tulis ilmiah dari para ulama muslim baik dalam bidang agama, maupun yang lainnya seperti bahasa, sains dan teknologi yang semuanya berbahasa Arab. Hal inilah yang memantik semangat para pencari ilmu untuk mempelajarinya.


Keistimewaan bahasa Arab

Adapun beberapa keistimewaan bahasa Arab jika dibandingkan dengan bahasa lainnya di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Vokal dan pelafalan
Dalam bahasa Arab terdapat aturan-aturan dalam melafalkan huruf. Bagaimana posisi lidah, bibir, dan tenggorokan yang tepat agar pelafalan menjadi benar dan fasih.

2. Padanan kata atau sinonim
Bahasa Arab memiliki 12.305.912 kata, di dalamnya terdapat sangat banyak sinonim untuk suatu benda.

3. Nahwu
Tatabahasa (nahwu) adalah kaidah-kaidah yang harus diterapkan dalam susunan kalimat dalam bahasa Arab.

4. Ilmu ‘arudh
Ilmu ‘arudh adalah ilmu yang mengatur kaidah bentuk-bentuk syair dan bait sastra arab.



Bahasa Arab dan Islam

Bahasa Arab mempunyai kedudukan yang tinggi dalam agama Islam. Ia merupakan bahasa Al-Qur’an Al-Karim kitab suci agama Islam, bahasa nabinya Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang menyampaikan hadits-hadits dan menjelaskan risalah islam dengannya.

Allah ta’ala memilih bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an, bahasa terbaik yang pernah ada, Allah ta’ala berfirman :


إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ
“Sesungguhnya Kami telah jadikan Al-Qur’an dalam bahasa Arab supaya kalian memikirkannya.” (QS. Yusuf [12]: 2)



Ibnu Katsir rahimahullah berkata ketika menjelaskan ayat di atas,
وذلك لأن لغة العرب أفصح اللغات وأبينها وأوسعها، وأكثرها تأدية للمعاني التي تقوم بالنفوس؛ فلهذا أنزل أشرف الكتب بأشرف اللغات، على أشرف الرسل، بسفارة أشرف الملائكة، وكان ذلك في أشرف بقاع الأرض، وابتدئ إنزاله في أشرف شهور السنة وهو رمضان، فكمل من كل الوجوه
”dan hal itu dikarenakan bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas, dan paling banyak mengungkapkan makna yang ada dalam jiwa. Oleh karena itu Allah menurunkan kitab-Nya yang paling mulia, dengan bahasa yang paling mulia, kepada Nabi yang paling mulia, dengan perantara Malaikat yang paling mulia, diturunkan di suatu tempat yang paling mulia di muka bumi, memulai penurunannya pada bulan terbaik yaitu Ramadan, maka sempurnalah Al-Quran dari segala sisi.”


Allah ta’ala juga berfirman :
بِلِسَانٍ عَرَبِيٍّ مُبِينٍ
“dengan bahasa Arab yang jelas” (QS. Asy-Syu’ara [26]: 195)



Abul Husain Ahmad bin Faris rahimahullah (wafat 395 H.) ketika menjelaskan ayat ini mengatakan,
فلمّا خصَّ جلَّ ثناؤه اللسانَ العربيَّ بالبيانِ عُلم أن سائر اللغات قاصرةٌ عنه وواقعة دونه
“ dan ketika Allah mengkhususkan bahasa Arab dengan ‘bayan’, maka diketahui bahwa semua bahasa (selain bahasa Arab) itu kurang dan berada di bawah tingkatannya.” Dari sini dapat dipahami bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang paling sempurna bayan dan penjelasannya.


Anjuran untuk mempelajari bahasa Arab

Shahabat ‘Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu ‘anhu mengatakan,

تعلَّموا العربيةَ؛ فإنَّها من دينِكم
“Pelajarilah bahasa Arab, karena sesungguhnya bahasa Arab itu termasuk bagian dari agama kalian”


Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata,
إن الله لما أنزل كتابه باللسان العربي ، وجعل رسوله مبلغا عنه الكتاب والحكمة بلسانه العربي ، وجعل السابقين إلى هذا الدين متكلمين به : لم يكن سبيل إلى ضبط الدين ومعرفته إلا بضبط هذا اللسان ، وصارت معرفته من الدين ، وصار اعتياد التكلم به أسهل على أهل الدين في معرفة دين الله ، وأقرب إلى إقامة شعائر الدين ، وأقرب إلى مشابهتهم للسابقين الأولين ، من المهاجرين والأنصار في جميع أمورهم
“Sesungguhnya ketika Allah menurunkan kitab-Nya dan menjadikan Rasul-Nya sebagai penyampai risalah (Al-Kitab) dan Al-Hikmah (As-sunnah), serta menjadikan generasi awal agama ini berkomunikasi dengan bahasa Arab, maka tidak ada jalan lain dalam memahami dan mengetahui ajaran Islam kecuali dengan bahasa Arab. Oleh karena itu memahami bahasa Arab merupakan bagian dari agama. Keterbiasaan berkomunikasi dengan bahasa Arab mempermudah kaum muslimin memahami agama Allah dan menegakkan syi’ar-syi’ar agama ini, serta memudahkan dalam mencontoh generasi awal dari kaum Muhajirin dan Anshar dalam keseluruhan perkara mereka..”


Beliau rahimahullah juga berkata,
فإن نفس اللغة العربية من الدين ، ومعرفتها فرض واجب، فإن فهم الكتاب والسنة فرض، ولا يفهم إلا بفهم اللغة العربية، وما لا يتم الواجب إلا به فهو واجب، ثم منها ما هو واجب على الأعيان ومنها ما هو واجب على الكفاية
“Dan sesungguhnya bahasa Arab itu sendiri bagian dari agama. Hukum mempelajarinya adalah wajib, karena memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah itu wajib, dan keduanya tidaklah bisa dipahami kecuali dengan memahami bahasa Arab. Hal ini sesuai dengan kaidah di dalam ilmu ushul fiqh: sebuah kewajiban yang tidak akan sempurna (pelaksanaannya) kecuali dengan melakukan sesuatu (yang lain), maka sesuatu yang lain tersebut hukumnya juga menjadi wajib. Namun di sana ada bagian dari bahasa Arab yang wajib ‘ain dan ada yang wajib kifayah.”


Manfaat belajar bahasa Arab

Di antara manfaat yang kita dapatkan apabila kita menguasai bahasa Arab adalah:
  1. Lebih mudah dalam membaca, menghafalkan, memahami, mengajarkan dan mengamalkan isi Al-Qur’an.
  2. Lebih mudah dalam memahami hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, menghafalkan, menjelaskan serta mengamalkannya.
  3. Memiliki kemampuan untuk menimba ilmu kepada para ulama secara langsung atau merujuk karya-karya ulama yang banyak tersebar hingga kini.

Wallahu a’lam.



********

Sumber Rujukan:




------------------------------------------------



Tidak ada komentar

adv/http://halaqah.tauhid.or.id/|https://3.bp.blogspot.com/-vsjjpoMCiW8/WlGA-RAlXRI/AAAAAAAABig/cGiszDzhKKsfBESHw6eUdidc1NSJNT2RQCLcBGAs/s1600/halaqah.jpg

Muamalah

muamalah/carousel

Arsip Artikel Per Bulan

CRAST

Community Relief and Spreading Tauhid

Facebook

fb/https://www.facebook.com/Tauhid.or.id

Info Kajian