artikel pilihan

HUKUM MENGQODHO' PUASA SYAWAL



Pertanyaan: 
Ada seorang perempuan berpuasa enam hari bulan Syawal setiap tahun. Suatu kali dia mengalami nifas karena melahirkan pada permulaan bulan Ramadan dan baru bersuci setelah bulan Ramadan. Kemudian setelah bersuci dia mengkada puasa Ramadan. Apakah setelah mengkada puasa Ramadan dia juga wajib mengqada puasa Syawal walaupun bukan di bulan Syawal atau dia hanya wajib mengkada puasa Ramadan? Apakah puasa enam hari bulan Syawal harus dilakukan secara kontinu atau tidak?

Jawaban: 
Puasa enam hari bulan Syawal hukumnya sunah, bukan wajib. Ini berdasarkan sabda Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam,
 "Barangsiapa berpuasa Ramadan kemudian melanjutkannya dengan berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka pahalanya sama dengan puasa setahun penuh." Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitab Shahihnya (Nomor bagian 15; Halaman 389).

Hadis tersebut menunjukkan bahwa melakukan puasa Syawal boleh berturut-turut atau selang-seling karena lafal hadis bersifat mutlak.

Menyegerakan puasa Syawal adalah lebih afdal. Hal itu berdasarkan firman Allah Subhanahu wa Ta''ala, Berkata Musa,
قَالَ هُمْ أُولاءِ عَلَى أَثَرِي وَعَجِلْتُ إِلَيْكَ رَبِّ لِتَرْضَى ٨٤
 "Itulah mereka sedang menyusuli aku dan aku bersegera kepada-Mu. Ya Tuhanku, agar supaya Engkau rida (kepadaku)."(Q.S Thohaa 84)
 dan berdasarkan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis-hadis Nabi yang menunjukkan keutamaan menyegerakan perbuatan baik. Puasa Syawal tidak wajib dilakukan secara kontinu, tetapi lebih afdal dilakukan secara kontinu. Hal ini berdasarkan sabda Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam,
"Amalan yang paling disukai Allah adalah yang dilakukan secara istikamah (terus-menerus) walaupun hanya sedikit." (HR. Muslim no. 783).
Puasa Syawal tidak disyariatkan untuk dikada setelah bulan Syawal karena puasa Syawal adalah amalan sunah yang waktunya sudah berlalu, baik karena ada uzur atau tanpa uzur. Allahlah pemberi taufik.

Dijawab oleh Asy Syaikh Abdul Aziz Bin Baz rahimahullah
Sumber : www.alifta.net

Tidak ada komentar

adv/http://halaqah.tauhid.or.id/|https://3.bp.blogspot.com/-vsjjpoMCiW8/WlGA-RAlXRI/AAAAAAAABig/cGiszDzhKKsfBESHw6eUdidc1NSJNT2RQCLcBGAs/s1600/halaqah.jpg

Muamalah

muamalah/carousel

Arsip Artikel Per Bulan

CRAST

Community Relief and Spreading Tauhid

Facebook

fb/https://www.facebook.com/Tauhid.or.id

Info Kajian